|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
pokok
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
·
Nomor atom dan nomor massa
· Konfigurasi
elektron
dan Diagram
orbital
|
Mengamati
·
Mengamati perkembangan model atom dan partikel penyusun atom
serta hubungannya dengan nomor massa dan nomor atom.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan struktur
atom, misalnya: apa saja partikel
penyusun atom? Bagaimana partikel-partikel
tersusun dalam atom? Dimana
posisi elektron dalam atom ?
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan tabel
periodik, misalnya: apa dasar pengelompokan unsur dalam tabel periodik?
Bagaimana hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel
periodik?
Pengumpulan data
·
Mengamati nomor atom dan nomor massa beberapa
unsur untuk menentukan jumlah elektron, proton dan netron unsur tersebut.
·
Menganalisis
hubungan konfigurasi elektron dengan
nomor atom.
·
Mendiskusikan konfigurasi elektron dan diagram orbital dari unsur tertentu.
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan
bahwa golongan dan periode unsur ditentukan oleh nomor atom dan konfigurasi
elektron.
|
Tes tertulis uraian:
· Menentukan jumlah elektron, proton, dan netron dalam atom
·
Menentukan konfigurasi elektron dan diagram
orbital
·
Menentukan bilangan kuantum dan bentuk orbital
·
Menganalisis
letak unsur dalam tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektron
|
2
minggu x 3 jp
|
·
Buku teks kimia
·
Literatur lainnya
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif ) dalam merancang
dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap
sehari-hari.
2.1
Menunjukkan
perilaku kerjasama,santun, toleran,
cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.2
Menunjukkan
perilaku responsif, dan proaktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
|||||
|
3.1
Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat
periodik unsur.
|
|||||
|
4.1 Menyajikan hasil analisis hubungan konfigurasi
elektron dan diagram orbital untuk menentukan
letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
|
Selasa, 19 November 2013
silabus Kimia SMA Kelas X (materi nomor atom dan nomor massa, konfigurasi dan diagram orbital)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar